BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi dibidang informasi mendorong setiap instansi atau
perusahaan untuk tetap mengikuti perkembangannya, terutama berkenaan dengan
perkembangan teknologi informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan
perusahaan tersebut. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan
kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan usaha khususnya dalam
hal pengolahan data yang memberi dukungan terhadap pengambilan
keputusan-keputusan bisnis serta Perkembangan teknologi informasi telah
memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan pelayanan.
Berdasarkan pada uraian diatas pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu
aktivitas bisnis merupakan hal yang cukup penting. Begitu pentingnya hampir setiap perusahaan
yang serupa menggunakan sistem pelayanan bisinis secara online.
Berkaitan dengan tugas akhir ini penelitian difokuskan pada masalah
pemanfaatan tujuan teknologi informasi yang dapat memberi dukungan aktif
kelancaran usaha penjualan barang yang dilakukan oleh suatu Distro yang diberi judul “ Pengembangan Sistem
Informasi Penjualan pada suatu Distro secara Online “.
1.2.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan observasi yang dilakukan di suatu Distro terhadap
sistem informasi penjualan barang,
dikemukakan hal-hal yang menjadi permasalahan antara lain :
a.
Masih ditemukannya kelemahan
dalam penyampaian informasi barang yang terdapat di distro tersebut.
b.
Transaksi penjualan barang
masih bersifat manual, dalam artian harus dating ketempat tersebut untuk
membeli sesuatu.
c.
Mengikuti sistem informasi global sehingga bukan hanya untuk sarana
transaksi tetapi lebih ditekankan pada sarana promosi yang dirasakan masih
kurang bagus.
1.3.
Batasan Masalah
Masalah yang ada dalam sistem informasi penjualan barang
suatu distro ini dibatasi pada ruang lingkup seperti :
a.
Data
yang diolah hanya data barang dan data Pengguna Sistem Informasi (Pengguna
transaksi secara online)
b.
Sistem
hanya memberikan informasi barang yang
tersedia dan proses pembelian barang tersebut .
c.
Sistem Informasi yang dibangun tidak menggunakan
Topologi jaringan.
d.
Sistem ini tidak membahas mengenai masalah persediaan
barang.
e.
Pembayaran transaksi dilakukan secara offline, dimana
pembeli melakukan transfer uang secara manual pada rekening yang ditetapkan.
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin
dicapai dari tugas akhir ini adalah :
a.
Mengembangkan sistem informasi penjualan sebagai salah
satu usaha cara meningkatkan penghasilan
distro tersebut.
b.
Mempermudah bagi masyarakat atau dunia luar untuk melakukan
transaksi pembelian barang secara langsung
c.
Mengembangkan Pengetahuan Teknologi Informasi Global
d.
Membuat laporan Tugas Akhir dalam rangka menyelesaikan
kuliah program sarjana.
1.5 Metodologi Penelitian
Adapun metode yang
digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah :
1. Metode Penelitian, yaitu :
a. Observasi
Yaitu merupakan sutau
teknik pengumpulan data yang efektif untuk mempelajari sistem, dengan cara
mengamati langsung objek penelitian yaitu di suatu distro di kota bandung.
b. Wawancara
Yaitu sutu teknik
pengumpulan data dengan cara tanya jawab langsung mengenai data yang diperlukan
dari masalah yang akan diangkat.
c. Studi Literatur
Yaitu teknik
pengumpulan data dengan membaca buku-buku pustaka yang merupakan penunjang
dalam memperoleh data untuk melengkapi dalam penyusunan laporan yang
berhubungan dengan masalah yang dibahas.
2. Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Metode
yang digunakan yaitu paradigma Waterfall
(Classic Life Cycle), untuk lebih jelasnya tahapan dari paradigma Waterfall ini adalah :
a.
System
Engineering (Rekayasa Sistem), merupakan kegiatan untuk menentukan
informasi apa yang dibutuhkan oleh sistem atau menentukan kebutuhan-kebutuhan
dari sistem yang akan dibuat.
b.
Analisys System
(Analisis Sistem), dilakukan untuk memperoleh informasi tentang sistem,
menganalisis data – data yang ada dalam sistem yang berhubungan dengan kegiatan
pencurian kendaraan bermotor. Informasi yang dikumpulkan terutama mengenai
kelebihan dan kekurangan sistem.
c.
Design
(Perancangan), merupakan perancangan sistem baru berdasarkan data-data yang
telah dikumpulkan pada tahap sebelumnya dengan cara merancang perangkat lunak
diantaranya Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship
Diagram (ERD), Data Dictionary (Kamus Data), Struktur File, Struktur Menu, Merancang input dan rancangan Output.
d.
Coding (Pengkodean), yaitu suatu kegiatan
untuk membuat program atau mengimplementasikan hasil rancangan program
aplikasi yang didalamnya memuat
pengkonversian data kedalam sistem yang baru dan pengkonversian sistem secara
berkala termasuk dalam hal pemeliharaan sistem itu sendiri.
e.
Testing (Pengujian), yaitu kegiatan untuk
melakukan pengetasan program yang sudah dibuat, apakah sudah benar atau belum,
sudah sesuai atau belum diuji dengan cara manual jika testing sudah benar maka
program boleh digunakan.
f.
Maintenance (Perawatan), yaitu merupakan suatu
kegiatan untuk memelihara program
aplikasi yang telah dibuat, agar keutuhan program dapat terjaga seperti
validasi data, updating data, dan menjaga program dari serangan virus, orang
yang tidak berhak yang dapat merusak program.
0 komentar:
Posting Komentar