BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah banyak mengalami
kemajuan. hal ini juga diikuti dengan perkembangan bisnis penjualan.
Perkembangan bisnis penjualan tersebut berdampak langsung pada peningkatan arus
transaksi yang dilakukan perusahaan. Kecepatan dalam pelayanan menjadi salah
satu kebutuhan utama untuk mencapai tujuan perusahaan.
Mengingat arus transaksi yang semakin padat, sedangkan kecepatan
dalam pelayanan adalah faktor yang utama, maka pencatatan transaksi secara
manual tentu kurang dapat diandalkan. Kendala yang dihadapi dengan menggunakan
pencatatan transaksi secara manual, yang pertama adalah waktu. Pencatatan
transaksi secara manual membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan yang kedua adalah
tingkat akurasi atau ketelitian. Tidak dapat dipungkiri, pencatatan transaksi
secara manual rentan terhadap human error atau kesalahan manusia.
Dan untuk mengatasinya, perusahaan biasanya membuat suatu cara kerja atau model
pencatatan tertentu.
Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perangkat lunak yang menggantikan
pencatatan transaksi secara manual. Perangkat lunak tersebut diharapkan dapat
lebih menyingkat waktu dibandingkan pencatatan transaksi secara manual. Di
samping itu, perangkat lunak penjualan ini juga diharapkan meningkatkan
ketelitian dan meminimalisasi human error atau kesalahan manusia.
Berdasarkan uraian di atas penulis
mengambil judul “PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK”.
1.2
Identifikasi
dan Batasan Masalah
Penulis mengidetifikasikan masalah yang
ada adalah sebagai berikut :
Bagaimana
membuat perangkat lunak yang menangani penjualan barang elektronik?
Hal – hal yang
menjadi batasan dalam penelitian yang akan dikemukakan oleh penulis adalah
sebagai berikut :
1.
Hanya menguraikan transaksi –
transaksi penjualan barang elektronik rumah tangga secara tunai.
2.
Program ini dibuat hanya
sebagai aplikasi stand alone, bukan jaringan.
3.
Informasi yang dihasilkan hanya
berupa laporan penjualan dan daftar barang.
1.3
Maksud dan Tujuan
Maksud dari pembuatan perangkat lunak ini adalah agar berguna dalam
segi bisnis dan pengembangan ilmu komputer.
Tujuan dari pembuatan program ini adalah menciptakan suatu solusi
yang dapat memudahkan pencatatan transaksi penjualan yang terkomputerisasi.
1.4
Kegunaan
Adapun
kegunaan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1
Di Bidang keilmuan
a
Bagi penulis
b
Penulis dapat memperdalam
penguasaan Microsoft Access yang telah didapat di bangku kuliah.
2
Bagi peneliti/programmer
selanjutnya
Peneliti lain dapat menjadikan hasil perancangan yang penulis
lakukan sebagai bahan referensi atau mengembangkan judul yang relevan.
3
Di bidang praktisi
Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat memberikan alternatif
bagi perusahaan retail untuk memperbaiki pencatatan yang manual menjadi
terkomputerisasi.
1.5
Metode Pendekatan
Metode yang
digunakan
1.
Metode Penelitian
Dalam penelitian yang penulis lakukan ini, penulis menggunakan
metode deskriptif, yaitu dengan memaparkan/menjelaskan secara jelas dan
sistematis mengenai langkah-langkah perancangan perangkat lunak.
2.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi pustaka, mempelajari dan
menelaah buku – buku yang menunjang dengan judul yang penulis ambil. Adapun
buku – buku dipelajari oleh penulis yaitu yang tercantum di dalam daftar
pustaka.
1.6
Sistematika Penulisan
Untuk
memberikan gambaran isi laporan ini, penulis akan menguraikan susunan laporan
secara garis besar yang terdiri dari lima bab, dimana setiap babnya akan dibagi
menjadi beberapa sub bab. Sistematika penulisan ini dibuat tersusun dengan
tujuan agar mudah dipahami oleh semua pihak. Adapun susunannya sebagai berikut
:
0 komentar:
Posting Komentar