Selasa, 27 November 2012

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG DAN PIUTANG PADA CV ALLIANCE TECHNIK



BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang Masalah
Globalisasi menciptakan persaingan yang tidak mengenal tapal batas negara. Semua pengusaha dipandang sama kesempatannya untuk menguasai pasar atau tersingkir dari pasar. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi akuntansi terpadu agar pengambil keputusan dapat menjalankan, mengontrol, dan mengevaluasi perusahaannya dengan cepat, akurat, efektif dan efisien.
Segala kegiatan perusahaan diusahakan agar dapat dilaksanakan dengan cara seefisien mungkin dan dengan mengingat tujuan perusahaan untuk mencapai hasil yang maksimal, baik dalam hal keuntungan, kualitas maupun kuantitas. Namun pada kenyataannya masih terdapat hal-hal yang tidak efisien dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya perusahaan yang menggunakan cara manual sehingga untuk mendapatkan suatu informasi dibutuhkan waktu yang cukup lama.
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, komputer diciptakan untuk membantu dan mempermudah kegiatan yang terjadi di perusahaan. Komputer dapat mengolah dan memproses data, menyimpan dan mengontrol sistemnya dengan waktu yang relatif singkat sehingga informasi yang didapat akan lebih cepat.
CV ALLIANCE TECHNIK merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan alat-alat elektronik. Salah satu masalah yang dihadapi CV ALLIANCE TECHNIK saat ini yaitu masalah pengolahan informasi penjualan barang dan piutang yang masih menggunakan sistem manual, belum terkomputerisasi. Proses yang dilakukan sekarang adalah melalui penjualan secara langsung dan pemesanan secara langsung melalui fax atau telepon. Apabila perusahaan ingin melakukan proses penjualan barang yang baik maka diperlukan sistem yang sudah komputerisasi yang dapat menunjang kelancaran proses penjualan barang dan masalah piutang perusahaan.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk membahas dan merancang suatu sistem penjualan barang dan piutang perusahaan yang baik, supaya tujuan perusahaan dapat tercapai. Oleh karena itu, penulis mengambil judul “Analisis Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang dan Piutang pada CV ALLIANCE TECHNIK“.

1.2     Identifikasi Masalah
Analisis dan perancangan sistem informasi dilakukan penulis guna mengatasi masalah yang terjadi di perusahaan. Untuk itu penulis mengidentifikasikan pokok-pokok permasalahan sebagai berikut :
1.     Proses penjualan masih dilakukan secara manual sehingga sering terjadi kesalahan.
2.     Proses pengolahan informasi yang ada membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga laporan tidak tepat waktu.
3.     Banyak piutang tidak tertagih karena keterlambatan laporan.
4.     Pencarian data membutuhkan waktu yang lama.
5.     Merancang data suatu program pada komputer yang berfungsi untuk mengatur pengelolaan data penjualan, piutang dan pembuatan laporan.

1.3      Maksud dan Tujuan
1.3.1  Maksud penelitian
Maksud dilakukannya penelitian  ini adalah sebagai berikut :
1.     Sebagai salah satu syarat akademik untuk menyelesaikan pendidikan program Sarjana.
2.     Dapat menyediakan informasi yang cepat dan akurat guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja perusahaan.
3.     Sebagai bahan untuk merancang suatu sistem informasi berbasis komputer.
4.     Penulis mendapatkan pengalaman dalam menerapkan ilmu mengenai analisis dan perancangan sistem informasi berbasis komputer.

1.3.2   Tujuan penelitian
Adapun tujuan dari penelitian perancangan sistem informasi tersebut adalah sebagai berikut :
1.     Menganalisis sistem lama pada perusahaan yang bersangkutan.
2.     Mengubah sistem lama ( cara manual ) menjadi sistem komputerisasi dalam proses penjualan .
3.     Menghasilkan laporan penjualan dan piutang dengan cepat dan akurat sehingga tidak ada lagi piutang tidak tertagih.
4.     Merancang sistem informasi manajemen penjualan dan piutang yang membantu perusahaan dalam menghemat waktu dan pencarian data.

1.4     Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian yaitu cara untuk melakukan penelitian sesuai aturan dan cara tertentu untuk memperoleh data-data dan kebenaran ilmiah. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan sifat sesuatu  yang tengah berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan untuk memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah :
1.4.1   Studi pustaka
Penelitian dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku sumber yang dapat membantu dalam penelitian yang dilakukan. Penelitian tersebut dilakukan untuk memperoleh data sekunder yang digunakan sebagai landasan teori dan sebagai pedoman dalam pembahasan masalah.
1.4.2   Pengumpulan data
1.     Observasi
Penelitian secara langsung terhadap perusahaan tentang penjualan barang dan piutang untuk memperoleh data primer beserta informasinya.
2.     Wawancara
Penulis melakukan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait.

1.4.3   Pengembangan sistem
Dalam pengembangan sistem, penulis menggunakan metodologi waterfall ( Air Terjun ). Dimana setiap tahapan harus diselesaikan secara penuh sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya.

1.5     Pembatasan Masalah
Untuk membatasi ruang lingkup penelitian, maka masalah yang dibahas oleh penulis dalam laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
1.     Sistem informasi penjualan yang membahas penjualan barang mulai dari diterimanya order pesanan dari pelanggan, pembuatan faktur penjualan sampai pembayarannya.
2.     Sistem informasi piutang dagang meliputi pencatatan piutang, penentuan piutang jatuh tempo dan pembuatan daftar tagihan.
Masalah yang tidak dibahas yaitu :
1.     Tidak membahas retur penjualan
2.     Tidak membahas masalah penghapusan piutang

1.6     Lokasi dan Waktu Penelitian
Dalam mengumpulkan data yang diperlukan guna penyusunan tugas akhir ini, penulis mengadakan penelitian langsung pada CV  ALLIANCE TECHNIK yang berlokasi di Jalan Dian Molek II nomor 10 Bandung.
Penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret 2004 dengan waktu kerja praktek sekitar 40 jam lebih sesuai dengan kesepakatan penulis dengan pimpinan CV ALLIANCE TECHNIK.

1.7      Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan menjelaskan perincian dan keterkaitan antar bab atau subbab dari penulisan tugas akhir ini. Sistematika penulisan yang dilakukan adalah sebagai berikut :




Ditulis Oleh : Unknown // 20.44
Kategori:

1 komentar: